Artikel

PELATIHAN PENINGKATAN KELOMPOK TANI DESA GUNUNG BAU KECAMATAN KINTAMANI

08 November 2019 09:10:10  Administrator  121 Kali Dibaca  Berita Desa

PELATIHAN PENINGKATAN KELOMPOK TANI DESA GUNUNG BAU KECAMATAN KINTAMANI

 

(SID 05 November 2019) Pemerintah Desa Gunung Bau mengadakan Pelatihan Peningkatan Kelompok Tani Desa Gunung Bau Tahun 2019. Pelatihan kelompok tani bertujuan untuk memberdayakan petani agar memiliki kekuatan mandiri, yang mampu menerapkan inovasi (teknis, sosial dan ekonomi), mampu memanfaatkan skala ekonomi dan mampu menghadapi resiko usaha, sehingga mampu memperoleh tingkat pendapatan dan kesejahteraan yang layak.

Untuk mencapai hal tersebut, penyuluhan pertanian dilakukan melalui pendekatan kelompok, membina terjalinnya kerjasama individu petani dalam proses belajar-mengajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, proses produksi untuk mencapai skala ekonomi, serta proses kerjasama melalui pembinaan hubungan melembaga dengan Koperasi Unit Desa (KUD) dan kerjasama dengan pelaku ekonomi lainnya untuk pengelolaan usahatani mulai dari pengadaan sarana, kegiatan budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil, dan selanjutnya kelompok dapat meningkatkan kerajasama sebagai kelompok usaha sehingga akan meningkatkan kemampuan petani untuk meningkatkan produktivitas pendapatan dan kesejahteraannya.

Untuk meningkatkan peranan petani dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam memecahkan berbagai masalah pembangunan di wilayahnya, Pembinaan dan Pengembangan kelembagaan petani diharapkan semakin mengembangkan kemandirian dan kemampuan kelompok, sehingga para penyuluh pertanian dan instansi terkait dapat menyusun program pembinaan yang terarah dalam meningkatkan kemampuan kelompok tani di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini di laksanakan pada hari Selasa tanggal 05 November 2010 sampat tanggal 07 Noverber 2019 yang bertempat di Desa Gunung Bau dengan mengundang UPTD Kecamata Kintamani dan Bapak I Wayan Badan sebagai Narasumber dalam pelatihan Kelompok Tani ini. Kegiatan ini di ikuti oleh 89 orang kelompok tani dari 3 Subak yang ada di Desa Gunung Bau. Seluruh Peserta diberikan pengetahuan tentang gejala serangan serta pengetahuan tentang jenis-jenis hama pada jeruk. Kegiatan ini di danai oleh Dana Desa Tahun 2019.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:48
    Kemarin:61
    Total Pengunjung:38.312
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.201.96.43
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru