Artikel

Sejarah Desa Gunungbau

07 Agustus 2018 12:38:09  Administrator  722 Kali Dibaca 

             Desa Gunung Bau merupakan salah satu Desa Dari 48 Desa Yang berada di Wilayah Kecamatan Kintamani. Menurut penuturan para tokoh- tokoh Masyrakat dan pendahulu  Bahwa Desa Gunung Bau Memiliki Sejarah Desa yang diyakini secara turun temurun dari dulu sampai sekarang .

             Pada Jaman dulu Pada masa Pemerintahan Dinasti Kerajaan Balikang Bali (Kerajaan Dalem Balingkang ) di Bawah  Pemerintahan Sri Aji Jaya Pangus ynag menjadi  Raja di Bali Dwipa,dimana pada Jaman itu ada sebuah kelompok masyarakat kecil di bawah Pemerintahan Desa Tebenan(yang sekarang menjadi Desa Manikliyu ) Kumpulan Masyarkat kecil itu berjumlah sekitar 200 jiwa yang berada daerah lembah yang dikitari tebing yang diberi nama kuala yang disampingnya dialiri sungai yang bernama Sungai Sapi.

             Keadaan Masyarakat sangat rukun dan damai dimana sebagaian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani dan sebagaian berternak dan berburu. Kerukunan masyarakat tidak berlangsung lama karena di ganggu oleh mahluk lain ( sejenis Raksasa ) Sehingga masyarakat mengungsi ketempat yang lebih tinggi yaitu sebuah perbukitan ( Gunung kecil ) Masyarakat yang mengungsi kedaerah tersebut memberi nama menjadi Gunung Baru sehingga lama kelamaan menjadi Desa Gunung Bau sampai sekarang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:14
    Kemarin:76
    Total Pengunjung:35.344
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.231.244.12
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru